Travel Wisata Hotel Kalimantan, Kalimantan tengah, kalimantan barat, kalimantan timur, kalimantan selatan, Borneo, Brunei, Serawak, Sabah
Booking Hotel Domestik Pulau Kalimantan & langsung confirm

Mengenal Suku Dayak Pulau Kalimantan

Posted by Ratih Kusrini 0 komentar

Mengenal Suku Dayak Pulau Kalimantan. Dalam arti luas Pulau Kalimantan meliputi seluruh pulau yang juga disebut dengan Borneo, sedangkan dalam arti sempit Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia.

Pada umumnya, semua penduduk di Negara Indonesia berasal dari Cina Selatan, termasuk Suku Dayak di Kalimantan. Asal mula Suku Dayak di Kalimantan adalah migrasi bangsa Cina dari Provinsi Yunnan di Cina Selatan pada 3000-1500 SM (Sebelum Masehi). Sebelum datang ke wilayah Indonesia, mereka mengembara terlebih dahulu ke Tumasik dan semenanjung Melayu.

Mengenal Suku Dayak Pulau Kalimantan


Berikut ini kami paparkan berupa artikel seri sedikit mengenenal bagaimana dan apa saja adat-istiadat, dan dunia supranatural Suku Dayak Pulau Kalimantan pada zaman dahulu maupun zaman sekarang yang masih kuat sampai sekarang. Yang kami paparkan ini, tidak lain agar para pengunjung tahu apa saja adat istiadat Suku Dayak Kalimantan
 
Upacara Tiwah
Upacara Tiwah merupakan acara adat suku Dayak. Tiwah merupakan upacara yang dilaksanakan untuk pengantaran tulang orang yang sudah meninggal ke Sandung yang sudah di buat. Sandung adalah tempat semacam rumah kecil yang memang dibuat khusus untuk mereka yang sudah meninggal dunia.

Upacara Tiwah bagi suku Dayak sangatlah sangatlah sakral, pada acara Tiwah ini sebelum tulang-tulang orang yang sudah mati tersebut di antar dan diletakkan ke tempatnya ( sandung ), banyak sekali acara-acara ritual, tarian, suara gong maupun hiburan lain. sampai akhirnya tulang-tulang tersebut di letakkan di tempatnya ( Sandung ).

Dunia Supranatural
Dunia Supranatural bagi Suku Dayak Pulau  Kalimantan memang sudah sejak jaman dulu merupakan ciri khas kebudayaan Dayak. Asal para pembaca tahu saja karena supranatural ini pula orang luar negeri sana menyebut Dayak sebagai pemakan manusia ( kanibal ) . Tetapi walaupun begitu suku Dayak bukanlah seperti itu, sebenarnya suku Dayak cinta damai asal mereka tidak di ganggu dan ditindas semena-mena.

Kekuatan supranatural Dayak Kalimantan banyak jenisnya. Contohnya, Manajah Antang. Manajah Antang merupakan cara suku Dayak untuk mencari petunjuk seperti mencari keberadaan musuh yang sulit di temukan dari arwah para leluhur dengan media burung Antang, dimanapun musuh yang di cari pasti akan ditemukan.

Mangkok merah. Mangkok merah merupakan media persatuan Suku Dayak. Mangkok merah beredar jika orang Dayak merasa kedaulatan mereka dalam bahaya besar. Panglima atau sering suku Dayak sebut Pangkalima biasanya mengeluarkan isyarat siaga atau perang berupa mangkok merah yang di edarkan dari kampung ke kampung secara cepat sekali. Dari penampilan sehari-hari banyak orang tidak tahu siapa pangkalima Dayak itu. Orangnya biasa-biasa saja, hanya saja ia mempunyai kekuatan supranatural yang luar biasa. Percaya atau tidak pangkalima itu mempunyai ilmu bisa terbang kebal dari apa saja seperti peluru, senjata tajam dan sebagainya.

Mangkok merah tidak sembarangan diedarkan. Sebelum diedarkan sang pangkalima harus membuat acara adat untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memulai perang. Dalam acara adat itu roh para leluhur akan merasuki dalam tubuh pangkalima lalu jika pangkalima tersebut ber Tariu ( memanggil roh leluhur untuk untuk meminta bantuan dan menyatakan perang ) maka orang-orang Dayak yang mendengarnya juga akan mempunyai kekuatan seperti pangkalimanya. Biasanya orang yang jiwanya labil bisa sakit atau gila bila mendengar tariu.

Orang-orang yang sudah dirasuki roh para leluhur akan menjadi manusia dan bukan. Sehingga biasanya darah, hati korban yang dibunuh akan dimakan. Jika tidak dalam suasana perang tidak pernah orang Dayak makan manusia. Kepala dipenggal, dikuliti dan di simpan untuk keperluan upacara adat. Meminum darah dan memakan hati itu, maka kekuatan magis akan bertambah. Makin banyak musuh dibunuh maka orang tersebut makin sakti.

Mangkok merah sebenarnya mangkok biasa saja terbuat dari tanah liat. Hanya di dalamnya tersimpan barang-barang yang penuh makna dan magis.

Menurut cerita turun-temurun mangkok merah pertama beredar ketika perang melawan Jepang dulu. Lalu terjadi lagi ketika pengusiran orang Tionghoa dari daerah-daerah Dayak pada tahun 1967. pengusiran Dayak terhadap orang Tionghoa bukannya perang antar etnis tetapi lebih banyak muatan politisnya. Sebab saat itu Indonesia sedang konfrontasi dengan Malaysia.

Menurut kepercayaan Dayak, terutama yang dipedalaman Kalimantan yang disampaikan dari mulut ke mulut, dari nenek kepada bapak, dari bapak kepada anak, hingga saat ini yang tidak tertulis mengakibatkan menjadi lebih atau kurang dari yang sebenar-benarnya, bahwa asal-usul nenek moyang suku Dayak pulau kalimantan itu diturunkan dari langit yang ke tujuh ke dunia ini dengan “Palangka Bulau” ( Palangka artinya suci, bersih, merupakan ancak, sebagai tandu yang suci, gandar yang suci dari emas diturunkan dari langit, sering juga disebutkan “Ancak atau Kalangkang” ).

Mengenal Suku Dayak Pulau Kalimantan bersambung ke judul artikel Asal usul Dayak dan Pengelompokannya.

Mengenal Suku Dayak Pulau Kalimantan

Pemesanan Tiket Pesawat Online

Pesan Tiket Pesawat Online Murah, Wego Indonesia, pilih nginap murah

Untuk memulai reservasi, silahkan isi formulir di bawah ini dengan memasukkan kota awal dan tujuan penerbangan serta tanggal keberangkatan.


Hotel Hotel Di Banjarmasin >>>>>>>> Melihat Semua Hotel Banjarmasin
NASA Hotel
NASA Hotel
Jelita Hotel
Jelita Hotel
Amaris Hotel Banjar
Amaris Hotel
Royal Jelita Hotel
Royal Jelita Hotel

Hotel Hotel Di Samarinda >>>>>>>>>>> Melihat Semua Hotel Samarinda

Aston Samarinda Hotel
Aston Hotel
Bumi Senyiur Hotel
Bumi Senyiur
Mesra Business & Resort Hotel
Mesra
Grand Victoria Hotel
Grand Victoria

Hotel Hotel Di Balikpapan >>>>>>>>>>> Melihat Semua Hotel Balikpapan

Zurich Hotel
Zurich Hotel
Hotel Mirama
Hotel Mirama
Hotel Mega Lestari
Mega Lestari
Hotel Santika Balikpapan
Mega Lestari

Hotel Hotel Di Pontianak >>>>>>>>>>> Melihat Semua Hotel Pontianak

Hotel Gajahmada
Hotel Gajahmada
Gardenia Resort and Spa
Gardenia Resort
Orchardz Hotel
Orchardz Hotel
Transera Hotel Pontianak
Transera Hotel

Hotel Hotel Di Palangkaraya >>>>>>> Melihat Semua Hotel Palangkaraya

Aquarius Boutique Hotel
Aquarius
Amaris Hotel Palangkaraya
Amaris
Hotel Batu Suli International
Batu Suli
 
//